Tips Aman Berbelanja di Toko Online

6 Jul 2012

Tips Aman Berbelanja di Toko Onlinetipsbelanjaonline.blogdetik.com - Semakin majunya Teknologi menuntut semua serba instan dan praktis. Tidak Hanya berita yang mulai sekarang sudah dapat kita baca secara cepat update tiap detik. Gaya hidup anda yang suka belanja ikut terbawa dalam masa globalisasi teknologi. Pernahkah anda berbelanja online? apakah menurut anda berbelanja online itu aman?

Simak tips aman berbelanja secara online berikut ini :

  1. Lakukan pengamatan atau riset mengenai alamat situs yang menyediakan toko online, anda bisa cek customer service, alamat, nama perusahaan, wikipedianya, kontak person , YM, dll.
  2. Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi anda, seperti KTP, SIM, Kartu Kredit, ATM, Rekening, dan Nomor HP anda.
  3. Ada baikknya anda juga cek harga yang tertulis di website dengan yang ada di toko kota anda. Lihat perbandingan harganya, terpaut jauh atau tidak.
  4. Setiap situs toko online pastinya mempunyai kebijakan/peraturan, perhatikan dengan teliti mengenai maksud dan isinya. Tanyakan juga kalau perlu jika barang cacat sampai diterima itu bagaimana kebijaksanaannya ( Menerima Pengembalian Barang dan Uang ).
  5. Gunakan password yang berbeda di setiap transaksi, hal ini untuk mengantisipasi adanya pencurian data.
  6. Tanyakan apakah system belanjanya ada bukti yang dikirim via email dan print.
  7. Pada saat anda klik order/beli , perhatikan pada browser bar, apakah ada gambar tanda seperti kunci gembok/scure, hal ini penting karena merupakan jalur aman ( scure area )
  8. Dalam transaksi biasanya tiap toko online akan menawarkan berbagai cara, contoh via : COD, kartu kredit, Paypal, Transfer langsung via bank, dll. jika anda belum berpengalaman lebih baik menggunakan transfer langsung via bank atau COD bayar ketika barang di antar. Sekarang ini cara yang kurang aman adalah dengan Kartu Kredit.
  9. Untuk belanja online area internasional, lebih baik gunakan PayPal
  10. Dalam proses pengiriman barang biasanya toko online akan menawarkan berbagai cara, contoh via : JNE, TIKI, ataupun Logistik dari toko online tersebut. Disarankan berbelanja di toko online yang memberikan fasilitas gratis ongkos kirim bahasa kaskusnya free ongkir, karena tidak perlu lagi memikirkan biaya tambahan dari pengiriman
  11. Selalu bersihkan data chace komputer/temporary yang anda gunakan untuk belanja online, hal ini untuk menghapus semua data yang telah anda kirimkan ke toko online tersebut.
  12. Pastikan untuk lebih aman, pada waktu terjadi transaksi, pada alamat web menjadi https://
  13. Selalu update data software anti virus di komputer.
Tips Aman Berbelanja di Toko OnlineReviewed by james0baster on Jul 06.Rating: 5.0


TAGS Belanja Online Toko Online Tips And Trick E Commerce Gratis Ongkos Kirim


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post