Tips Belanja Online

8 Jul 2012

Tips Belanja Onlinetipsbelanjaonline.blogdetik.com - Mencari tips belanja online untuk berbelanja kebutuhan anda? Tips belanja online harus anda ketahui agar dapat terhindari dari penipuan di internet. Semakin berkembangan arus informasi saat ini media internet sudah bukan hal yang sulit untuk anda gunakan bahkan dalam segala kebutuhan yang anda perlukan dapat tersedia lengkap di internet. Bukan hanya media berita atau bahkan media gosip yang menjadi pencarian para pengguna internet. Saat ini banyak para penyedia jasa lainnya seperti halnya toko, banyak yang beralih membuat toko online agar mendapatkan pelanggan dari dunia maya ini. Hal ini merupakan strategi pemasaran dari toko tersebut. Pernahkah berpikir kembali dibenak anda akan barang yang kita beli, terutama kualitas dari barang tersebut.

Belanja online sangat berbeda sekali dengan belanja yang biasa kita lakukan setiap hari, dimana barang yang kita beli dapat secara langsung kita ketahui barangnya dan dapat di pegang. Pada tips belanja online sering dikatakan kalau kita sama saja bagaikan “membeli kucing dalam karung”, agar terhindari dari hal tersebut sebaiknya anda mengetahui beberapa tips belanja online untuk terhindar dari masalah tersebut. Dari sekian banyaknya penyedia barang bukan berarti toko online tersebut benar-benar menjual barang bagus bisa saja mereka secara sengaja menjual barang yang reject produksi tetapi tetap dijual secara online karena para pembeli tidak dapat melihat dan memegang secara langsung barang yang hendak dibelinya tersebut. Selain kualitas dari barang tersebut anda juga harus memperhatikan apakah benar-benar jujur toko itu dalam transaksi yang anda buat, jangan sampai membuat anda merasa telah ditipu oleh toko online yang tidak bertanggung jawab. Sebaiknya anda mengetahui beberapa tips belanja online sebagai berikut ini.

Lakukan pengamatan atau riset terlebih dahulu terhadap situs toko online tersebut sebelum anda bertaransaksi, cekcustomer service atau kontak person, nama perusahaan,alamat toko, YM, wikipedia, atau anda dapat mencoba search lewat Google dengan mengetikan nama toko tersebut dengan menambahkan kata penipuan. Jika hasil dari pencarian google tersebut banyak yang memberitaukan penipuan yang diperbuat oleh toko online tersebut maka sebaiknya anda jangan melakukan transaksi pada toko online tersebut.

Dalam memberikan data diri seperti KTP, SIM, dan lainnya sebaiknya jangan terlalu mudah anda berikan, terlebih menyangkut nomor rekening anda. Setelah anda mendapatkan informasi yang benar dari toko online tersebut barulah anda dapat memberikan data diri untuk proses transaksi selanjutnya.

Lakukan pengecekan harga barang pada toko online serupa atau bahkan cek harga dengan toko biasa di sekitar anda agar anda tidak merasa harga yang anda dapatkan tidak terlalu tinggi selisihnya kalau bisa dapatkan diskon, sale atau promo voucher belanja sehinga mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari harga yang terdapat pada toko lain supaya kita bisa lebih hemat dalam berbelanja online.

Perhatikan dengan seksama mengenai tata cara dan kebijakan dari toko online tersebut perhatikan betul maksud dan inti dari setiap proses transaksi yang anda buat. Tanyakan juga pada barang yang akan anda terima nanti, jika barang yang anda terima rusak atau cacat apakah dari toko dapat bertanggung jawab mengenai hal tersebut sepertimenerima penukaran barang ataupun pengembalian uang secara utuh.

Pada setiap transaksi sebaiknya anda menggunakan password yang berbeda untuk mengantisipasi pencurian terhadap data diri anda.

Setiap kali bertransaksi apakah ada bukti seperti print/cetak atau bukti tertulis yang dikirimkan melalui email sebagai konfirmasi pembelian.

Pada saat melakukan pembelian perhatikan tanda pada browser bar anda apakah terdapat gambar kunci gembok (secure), jika ya maka setiap transaksi yang anda lakukan aman( scure area ).

Dalam setiap pembayaran pada saat transaksi ada baiknya anda menggunakan metode COD (Cash on Delivery) / bayar ketika barang sampai ke andasaja jika anda belum paham betul dengan metode pembayaran transfer, pencurian rekening bisa dilakukan pada saat anda melakukan transfer secara online pada toko tersebut terlebih dengan dataKartu Kredit anda.

Dalam proses pengiriman barang biasanya toko online akan menawarkan berbagai cara, contoh via : JNE, TIKI, ataupun Logistik dari toko online tersebut. Disarankan berbelanja di toko online yang memberikan fasilitas gratis ongkos kirim bahasa kaskusnya free ongkir, karena tidak perlu lagi memikirkan biaya tambahan dari pengiriman

Ketika hendak melakukan transaksi selanjutnya sebaiknya anda membersihkan chace komputer / temporary pada browser yang anda gunakan dan anda dapat mem-bookmark toko online tersebut terlebih dahulu.

Selanjutnya dalam tips belanja online adalah update antivirus pada komputer anda hal ini akan lebih melindungi kita dari virus yang dapat mengakses data pribadi ataupun no rekening yang anda pergunakan dalam setiap kali bertransaksi.

Demikianlah tips belanja online yang dapat anda ketahui sebelum anda berbelanja online dan agar anda terlindung dari segala macam bentuk penipuan yang kian merebak. Kewaspadaan terhadap segala sesuatu menjadi sebuah modal utama dalam setiap kali kita bertindak, pencegahan lebih baik dari pada anda nanti menyesal kemudian karena telah tertipu oleh toko online yang tidak jelas. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga dapat anda terapkan tips belanja online ini.

Tips Belanja OnlineReviewed by james0baster on Jul 08.Rating: 5.0


TAGS E Commerce Toko Online Belanja Online tips belanja Tips Belanja Online Tips And Trick Gratis Ongkos Kirim


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post